Tuesday, February 10, 2015

70 Apakah Mesin Waktu Dapat Diciptakan?


Banyak film fiksi ilmiah bercerita tentang mesin waktu, contohnya The Time Machine, de Javu, dan Looper. Gambar berikut ini merupakan gambar sebuah mesin waktu yang diceritakan dalam film “The Time Machine.”

Bentuk Mesin Waktu Dalam Cerita Fiksi Ilmiah

Di film-film tersebut, dikisahkan bahwa dengan mesin waktu, kita dapat melintasi waktu (time travel) sehingga dapat kembali ke masa lalu atau melesat ke masa depan. Adapun jika kita kembali ke masa lalu dan melakukan suatu perubahan sejarah, maka hal itu akan merubah masa depan. Hal ini lantas memunculkan teori grandfather paradox (paradoks kakek). Maksudnya begini. Seandainya Anda pergi ke masa lalu dan membunuh kakek Anda ketika ia masih muda (belum menikah dengan nenek Anda), maka ayah Anda tidak akan pernah lahir sehingga Anda pun seharusnya tidak pernah lahir. Akibatnya terjadi paradoks, yaitu bahwa Anda seharusnya tidak pernah kembali ke masa lalu dan membunuh kakek Anda karena Anda seharusnya tidak pernah ada.

Para ahli fisika menuturkan bahwa secara teoritis, mesin waktu tidak mustahil untuk dibuat. Hal ini didasarkan pada teori Albert Einstein tentang ruang-waktu. Menurut Einstein, ruang waktu tidak bersifat statis dan linier, melainkan bersifat fleksibel. Bayangkan bahwa dimensi ruang-waktu adalah seperti selembar kertas. Kita analogikan ujung depan kertas adalah ruang-waktu di MASA KINI, sedangkan ujung belakang kertas adalah ruang waktu di MASA LALU. Ketika masih berada dalam keadaan lurus, ujung depan dan ujung belakang kertas masih terpisah. Namun jika kita melipat  kertas tersebut, ujung depan dan ujung belakangnya dapat bertemu. Begitu juga dengan konsep ruang-waktu Einstein, yaitu bahwa dimensi ruang-waktu dapat “dilipat-lipat.” Jika kita dapat “melipat” dimensi ruang-waktu, maka kita dapat mempertemukan masa lalu dan masa depan, dan perjalanan lintas waktu pun terjadi.

Salah satu cara mempertemukan kedua titik pada dimensi ruang-waktu tersebut adalah dengan menggunakan wormhole (lubang cacing). Wormhole adalah suatu lubang jalan pintas yang menghubungkan antara dua titik pada dimensi ruang-waktu. Berikut ini adalah ilustrasi wormhole.

Wormhole: Lubang Penghubung Pada Dimensi Ruang-Waktu
 
Wormhole dan Kaitannya dengan Perjalanan Lintas Waktu

Jadi, jika mesin waktu memang bisa diproduksi oleh manusia, maka mesin waktu tersebut harus dapat membuat wormhole dan mengontrolnya sedemikian rupa sehingga dapat diatur tanggal dan tempat tujuan dari perjalanan lintas waktu yang akan dilakukan. Berdasarkan teori relativitas Einstein, terdapat kemungkinan adanya wormhole. Namun para ilmuwan belum tahu cara memproduksi wormhole. Lagipula, hingga saat ini keberadaan wormhole masih sebatas teori. Para ilmuwan masih belum dapat membuktikan eksistensi wormhole secara empiris.

Bagaimanapun, wormhole bukanlah satu-satunya dasar dalam membahas perjalanan lintas waktu. Dasar lain yang dapat digunakan adalah kecepatan cahaya. Dalam artikel saya yang berjudul Bagaimana Cara Menghentikan Waktu?, telah saja jelaskan bahwa lamanya waktu tergantung dari kecepatan objek yang mengalami waktu tersebut. Semakin cepat kita bergerak, semakin lambat waktu yang terjadi (relatif terhadap acuan objek lain yang bergerak lambat). Ketika kita bergerak sama cepat dengan kecepatan cahaya, maka waktu akan terhenti (relatif terhadap acuan objek lain yang bergerak lambat). Ketika kita kemudian bergerak LEBIH CEPAT daripada cahaya, maka kita dapat kembali ke masa lalu.

Albert Einstein dan Persamaan Terkenalnya

Hanya saja, secara teoritis, kita tidak mungkin bergerak secepat cahaya, APALAGI lebih cepat daripada cahaya. Mengapa? Karena semakin cepat kita bergerak, massa kita semakin bertambah. Hal ini sesuai dengan persamaan Einstein E = mc2. Energi (E) setara dengan massa (m). Jadi berdasarkan persamaan tersebut, ketika kita bergerak semakin cepat, maka energi kinetik kita bertambah, sehingga massa kita pun bertambah. Jika massa kita bertambah, maka dibutuhkan energi tambahan untuk memperbesar kecepatan kita. Begitu seterusnya, sehingga dibutuhkan tambahan energi yang TAK TERHINGGA besarnya untuk membuat kita bergerak dengan kecepatan cahaya. Adapun cahaya sendiri adalah partikel TAK BERMASSA, sehingga ia dapat bergerak secepat itu.

Perjalanan lintas waktu memang lebih tampak sebagai fiksi ilmiah belaka, karena bagi kita, waktu adalah suatu hal yang berjalan maju secara statis dan takkan pernah bisa diutak-atik. Dan mesin waktu tampak sebagai suatu teknologi yang mustahil diwujudkan. Namun demikian, kita tidak bisa menggunakan situasi saat ini sebagai tolak ukur sebuah wacana teknologi. Sebagai contoh, jika kepada masyarakat Nabi Nuh dikatakan bahwa manusia dapat pergi ke bulan, tentu mereka tidak akan percaya dan menganggapnya sebagai sesuatu yang mustahil, namun ketika berabad-abad setelah itu teknologi semakin maju, Neil Armstrong pun menginjakkan kaki di bulan. Begitu pula, saat ini mungkin kita menganggap bahwa mesin waktu mustahil diproduksi, namun bisa jadi di masa depan, mesin waktu benar-benar dapat dibuat dan digunakan.

Ronald Mallett dan Eksperimen Mesin Waktunya

Pada kenyataannya, produksi mesin waktu bukanlah sebatas wacana. Saat ini sudah ada orang yang mencoba membuatnya. Adalah Ronald Mallett, seorang fisikawan berkebangsaan Amerika yang tengah melakukan penelitian secara serius untuk membuat mesin waktu. Ketika berumur 10 tahun, ayah Mallett terkena serangan jantung dan meninggal. Sangat mencintai ayahnya, Mallett kemudian termotivasi untuk membuat mesin waktu agar ia bisa kembali ke masa lalu dan menolong ayahnya. Hingga saat ini Mallett memang belum berhasil membuat sebuah mesin waktu, namun penelitiannya merupakan sebuah batu loncatan yang penting dalam sejarah teknologi mesin waktu.

Stephen Hawking

Ada satu hal yang menarik. Fisikawan Stephen Hawking mengatakan bahwa mesin waktu tidak akan pernah bisa dibuat. Ia beralasan bahwa jika memang suatu saat nanti mesin waktu berhasil diciptakan, maka TENTU SAAT INI TELAH BANYAK ORANG YANG DATANG DARI MASA DEPAN MENGUNJUNGI KITA. Namun faktanya, hingga saat ini tidak pernah ada “turis waktu” dari masa depan yang kembali ke masa lalu dan mengunjungi kita. Itu berarti, menurut Hawking, mesin waktu tidak akan pernah bisa diciptakan.

Akan tetapi ada juga yang berteori bahwa alam semesta ini bukan hanya ada satu versi, melainkan banyak versi yang semuanya saling berdampingan. Dalam istilah internasional, hal ini disebut parallel universe. Artinya, jika mesin waktu dapat dibuat, kemudian orang kembali ke masa lalu dan membuat perubahan sejarah, maka perubahan tersebut terjadi di alam semesta versi lain, bukan alam semesta versi orang yang kembali ke masa lalu itu. Hal ini lantas menjelaskan solusi bagi grandfather paradox. Orang yang membunuh kakeknya itu tetap akan eksis, meskipun kakeknya sudah mati, karena ruang-waktu yang ditinggali oleh kakeknya di masa lalu itu berbeda dengan ruang-waktu yang ditinggalinya di masa depan. Jadi, memang ia telah melakukan perubahan sejarah, namun hanya perubahan itu terjadi di alam semesta versi lain. Teori ini juga menjelaskan argumen Stephen Hawking di atas. Mungkin saja telah terjadi "pariwisata waktu," namun itu terjadi di alam semesta versi lain, bukan di alam semesta versi kita.

*******
Ditulis Oleh Doni Aris Yudono

Sumber Gambar:

Referensi Data:


70 komentar:

  1. S.miko

    Mesin wktu bwt balik k masa lalu g bsa.. Tapi mesin utk memperlambat waktu dan mempercepat wktu mungkin bisa d buat.. Sesuai dgn dalil al quran.. Saat kedatangan almasih addajal waktu akan terasa lama...1 hari berasa 1 tahun lamanya.. 1 hari berikutnya 1 hari berasa sbulan.. 1 hari berasa seminggu dan hari berikutnya seperti hari2 biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin link ini bisa sedikit mencerahkan:

      http://biacksambas.blogspot.com/2013/03/dajjal-akan-keluar-tahun-2020-mungkinkah.html

      Delete
    2. Itu maksudnya perkembangan teknologi seperti manusia sekarang sudah menciptakan mobil yg sangat cepat contoh: jika kita dari jakarta ke bandung dahulu kala tidak menggunakan mobil/motor yg pasti kita berjalan kesana dan membutuh kan waktu berhari2 sedangkan sekarang karena peekembangan teknologi kejakarta bandung hanya membutuhkan waktu beberapajam saja begitulah menurut saya yg dimaksud dari dalil itu ada perkembangan teknologi yang memungkinkan kita untuk melalukakan sesuatu lebih cepat/praktis dari sebelumya......

      Delete
  2. Zaman dulu yg nganggap bumi itu bulat dikira org gila, konyol. Tp skr itu adalah fakta bumi itu bulat tanpa hrs ke angkasa utk melihatnya. Begitu jg mesin waktu mungkin skr terasa konyol tp siapa tau nanti, apapun bs terjadi apalagi didukung oleh teori ruang dan waktu dr einstein, dunia itu penuh dgn misteri

    ReplyDelete
  3. saya berharap mesin waktu bisa di ciptakan..
    tidak usah merubah masa depan dengan kembali ke masa lalu...
    tapi kita cukup mengenang masa lalu
    terkadang kita merindukan masa kecil kita yang bahagia

    ReplyDelete
  4. Kita selalu terpaku pada kata mesin sehingga pikiran kita hanya berputar putar disitu. Sebenarnya mesin waktu sudah ada dan itu bisa kita lihat pada alat alat dokumentasi seperti kamera. Namun pikiran dan imajinasi kita tentang mesin waktu adalah keikutsertaan diri kita dalam kejadian diwaktu itu. Untuk mesin waktu yg saya katakan ini sudah menggambarkan bagaimana keadaan pada waktu lampau namun tidak bisa menggambarkan keadaan dimasa depan karna sy berlandaskan alquran dan saya yakin itu benar.

    ReplyDelete
  5. yang ingin membuat mesin waktu mari gabung dengan saya, kita pelajari bersama ilmunya, jangan berbantahan dengan teori saja, mari bertindak..
    http://analicom.blogspot.com/2015/11/time-machine-mesin-waktu-bag-1.html

    ReplyDelete
  6. secara teori jika saja kita bisa memutar rotasi
    bumi ini ke arah sebaliknya maka kita akan kembali ke masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin waktu bisa saja dibuat dengan dorongan teori lubang cacing

      menurut saya.
      jika dimensi ruang dan waktu dipertemukan (terjadi benturan antara dimensi ruang dan waktu) sehingga terjadi akselerasi dari kedua dimensi tersebut maka yg terjadi adalah putaran dahsyat yg bisa menghisap benda di sekitarnya.
      didalam putaran tersebut otomatis menghasilka perjalanan waktu ke ruang tertentu yg mnggunakan kecepatan cahaya/lebih, kecepatan tsb bisa mengehentikan waktu (anggapan bagi yg masuk mesin waktu) dan menghantar kita ke ruang tertentu. tetapi hal tsb tentu beresiko tinggi. apabila kita masuk dan mengenai dinding mesin waktu (blackhole) maka kita akan lenyap karena terkena benturan antara dimensi ruang dan waktu yang dahsyat.

      silakan mencoba teori saya :)
      by. yudi

      Delete
    2. Benturan antara ruang dan waktu, manusia menyebutnya kematian.
      Dimana tidak ada ruang dan tidak mengenal waktu.

      Delete
    3. Yups, indigo baru betul. Orang yg mati dapat melihat orang yg hidup tanpa membutuhkan ruang dan waktu. Jadi orang yg mati dapat melihat masa lalu dan masa yg akan datang (di dalam ruang waktu saja).

      Delete
  7. Suatu saat anak ane bakalan bikin itu mesin waktu inget namanya raigeki diante sontani calon penemu mesin waktu

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. dlm legenda misteri segitiga bermuda mereka yg menjadi korban hilang lenyap bgtu saja tanpa jejak yg jelas. mgkin saja yg sebenarnya terjadi adlah mereka terportal (ter/ber-pindah) ke dimensi ruang waktu lain. atau dgn makna serupa bisa disebut segitiga brmuda adalah mesin waktu alam. mengingat ada teori yg mncoba mnjelaskan pnyebab hilangnya mereka di segitiga bermuda krna pengaruh medan magnet yg tak terhingga besar. teori itu kalau di analogikan seperti yg terjadi pd "experiment philadelphia" mgkn ada kecocokan, dimana medan magnet yg kuat dpt mnciptakan sebuah "jumper" (lompatan perpindahan)

    ReplyDelete
  10. Klu menurut akal sehat, mesin waktu itu hanyala sebuah dongeng, hayalan tingkat dewa, yg tidak akan pernh terjadi,ingat !secanggih2nya teknologi saat ini, blom ada satu pun alat/mesin yg dapat menghidupkan manusia yg sudah meninggal,,, kehidupan manusia tidak akan bisa di rubah oleh siapa pun, mesin waktu itu berhubungan dengan kehidupan manusia, lalu bagaimna bisa, manusia di kembalikan ke masa lalu, seperti yg saya bilang tadik, secangih2nya alat yg di buat manusia saat ini, blom ada alat yg bisa membangkitkan mayat,, jadi semple saja, hidup manusia tidak bisa di atur oleh ke canggihan apa pun. Atau kita ambil contoh yg lebih mudah di pahami, apa kah manusaia bisa menciptakan sekor semut yg berukuran kecil, tanpa mengambil bibit bobotnya, apa lagi manusia.. Jadi intinya mahluk hidup itu tidak pernah bisa di ataur atau di buat oleh manusia sendiri dengan menggunakan teknologi se canggih apa pun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa bilang gk bisa. Begok lo. Dlu manusaia hanya dapat berbicara secara langsung. Skarang broooo??? dari Indonesia sampai Eropa pun bisa hanya dalam 1 detik. wkwkkwkkwkkwkw KUNO LO

      Delete
    2. Hahahhaa orang masa lalu nih

      Delete
    3. Bahkan Misaka Mikoto pun menyebutkan bahaa Manusia itu berjalan atas keinginan mesin.
      (Tree Diagram) adalah supercomputer ciptaan Orihime yang bisa memprediksi masa depan (tapi cuma bisa melihat 1 bulan kedepan saja).
      Tapi sayangnya Supercomputer "Tree Diagram" telah dihancurkan oleh Index.
      Tapi sisa2 "Tree Diagram" yag disebut "Remant" dimiliki oleh Musujime Awaki, dan sayangnya lagi bahwa "Remant" juga telah dihancurkan oleh Accelerator.

      Delete
  11. Mesin waktu, 99% tdk dpt terealisasi, 1% nya Kehendak TUHAN.

    Teori Partikel TUHAN

    Kunci utk mesin waktu ada di "Partikel TUHAN".
    Fungsi Partikel TUHAN :

    1. Sbg pembuka portal dimensi seri yaitu antara dimensi nyata (ruang & waktu) dgn dimensi maya (gaib). Di dunia gaib, waktu tidak berdetak dan memungkinkan melakukan perjalanan waktu mundur.
    2. Sbg pemecah sel molekul tubuh manusia utk melakukan perjalanan waktu mundur berkecepatan cahaya di dimensi maya.

    Manusia harus bisa menemukan " Partikel TUHAN" sebuah atom photon plasma bermuatan massa energi yg mengandung cahaya. (Sumber cahaya tanpa ada benda bercahaya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua kurang paham apa itu atom photon mengandung cahaya

      Delete
    2. Bukan atom photon tp atom proton mungkin.

      Delete
  12. Ia beralasan bahwa jika memang suatu saat nanti mesin waktu berhasil diciptakan, maka TENTU SAAT INI TELAH BANYAK ORANG YANG DATANG DARI MASA DEPAN MENGUNJUNGI KITA. Namun faktanya, hingga saat ini tidak pernah ada “turis waktu” dari masa depan yang kembali ke masa lalu dan mengunjungi kita.
    Logika mustahil..

    ReplyDelete
  13. Maaf semuanya , kalo menurut saya mustahil kalau orang dari masa depan kembali ke masa ini , karna sistem kerja mesin waktu menurut teori einstein itu hanya memperlambat/ mempercepat waktu saja

    ReplyDelete
  14. Menurut saya mungkin dibuat sih mesin waktu pake teori wormhole
    http://enjoyandreadd.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  15. buat saya pribadi Wallahu'alam bissawab...

    ReplyDelete
  16. Menurut saya mesin waktu itu dapat dibuat, karena di dunia ini tidak ada yang mustahil.

    ReplyDelete
  17. waktu itu tidak bisa diputar apalagi dijilat dan dicelupin :v oreo kaliiiii

    ReplyDelete
  18. Syair ulama "tidak akan pernah kembali hari yg telah berlalu",,, mahfudzod kls 1 smp pesantren modern

    ReplyDelete
  19. Einstein baru menggunakan potensial otak umat manusia 8%...
    Jika manusia bisa menggunakan semua potensial... 20% saja sudah bisa membuat hal yang menakjubkan.
    Otak manusia itu sebenarnya masih belum digunakan potensial terbesarnya... Einstein saja baru menggunakan 8% kapasitas otaknya saja sudah menjadi orang tergenius di abadnya...
    Jika orang membuat mesin waktu... = manusia itu bisa mengaktifkan potensial tersendiri manusia.
    Otak manusia itu sebenarnya canggih sehingga bisa membuat segala hal menjadi mungkin... terutama mesin waktu masih ada kemungkinan terciptakan dari berbagai teori dan menggabungkan teori tersebut ... dan mungkin suatu saat orang genius akan menemukan bagaimana caranya... tetapi kita tidak akan tahu apa yang akan tejadi jika mesin waktu terciptakan = orang menguasai dunia dan mengendalikan apa yang ia inginkan... bisa terjadi perang besar demi mesin waktu... dan mungkin lebih buruk dari itu... dan si penciptanya mungkin saja kembali ke masa lalu dan menghancurkan mesin tersebut supaya tidak terjadi kehancuran...
    Tapi sisanya tergantung kalian bahwa apa yang kalian pikirkan itu bisa menjadi nyata atau tidak...

    Oke penjelasan dari saya
    Tri Atmaja Aji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya heran, dengan keyakinan anda yang mengatakan "Albert Einstein baru menggunakan potensi otaknya 8%", itu hitungan dari mana? Emang potensi otak yang dipakai manusia itu batasannya apa? Sudah pasti Albert Einstein dan kita semua sudah menggunakan otak 100% alias sudah menggunakan pengetahuan dan informasi yang tersimpan di otaknya. Jangan jadi korban teori yang gak masuk akan dong.

      Delete
  20. menurut saya, mana mungkin mesing waktu bisa diciptakan. dan juga lebih baik, kalau memang, mesin waktu itu tidak bisa diciptakan. karna jika bisa, akan banyak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
    jadi jika kita rindu masa lalu, toh sudah ada hanphone yang bisa digunakan untuk melihat foto2/video2 dimasa lalu kita hehe
    hanya pendapat hehe, terimakasih :)

    ReplyDelete
  21. menurut saya mesin waktu bisa saja dibuat karna kecanggihan teknologi akan terus berkembang dan akan yang semakin maju.contohnya saja albert einsten,dia hanya menggunakan otak hanya 8% itupun dia sudah menjadi orang paling jenius .bagaimana pula juka kita menggunakan otak kita sepenuhnya??why not? akan teteapi kita juga ada batasannya. dan jika allah menghendaki.dan terjadilah .. ketahuilah tak ada yang tak mungkin didunia ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya heran, dengan keyakinan anda yang mengatakan "Albert Einstein baru menggunakan potensi otaknya 8%", itu hitungan dari mana? Emang potensi otak yang dipakai manusia itu batasannya apa? Sudah pasti Albert Einstein dan kita semua sudah menggunakan otak 100% alias sudah menggunakan pengetahuan dan informasi yang tersimpan di otaknya. Jangan jadi korban teori yang gak masuk akan dong.

      Delete
  22. Kalau menurut saya nih om, Profesor Einstein menyatakan cahaya merupakan partikel yg memilki kecepatan tertinggi. Sebanrnya cahaya itu datangnya satu persatu lebih jelasnya satu garis satu garis, tetapi karena saking cepatnya garis datangnya cahaya itu tidak terlihat akhirnya yg kita lihat hanyalah cahaya terang. Mesin waktu bisa saha dibuat apabila kita kita bisa membuka tabir dari garis datang cahaya tersebut, dan dpt menembus Garis garis cahaya tersebut. Dpt disimpulkan memang benar Satu2 cara hanyalah melampaui kecepatan cahaya. Kalau kita hanya mendekati kecepatan cahaya dunia akan terlihat seperti terdapat benang benang/ garis garis cahaya, karena kita hampir mendekati kecepatan cahaya benang2/garis2 cahaya pun dpt dilihat, disaat itu juga waktu relatif menjadi lambat. Dan kalau kita Menyamakan Kecepatan cahaya Dunia akan Gelap gulita karena Cahaya tidak akan bisa masuk, karena kita telah melampuinya Dan garis" tersebut tidak akan pernah ada,disaat itu juga waktu berhenti. Dan terakhir apabila kita sedikit bisa melebihi kecepatan cahaya, atau melampaui jauh dari kecepatan cahaya disaat itu juga Waktu akan berputar mundur. Itu lah teori menurit saya. Tetapi untuk mendekati kecepatan cahaya saja perlu alat yg bisa memiliki kecepatan berjuta2 km/detik. Dan itu akan membuat susunan partikel atom manusia hancur, apalagi melampaui kecepatan cahaya. Yg masih saya pertanyakan bagimana dengan nyawa manusia yg dibawa dengan kecepatan seperti itu.

    ReplyDelete
  23. Klo menurut saya ya, Relativitas Waktu tu benar-benar ada. Karena menurut saya, perbedaan gravitasi dan massa itu bisa mempengaruhi relatif waktu. Pernah gk kalian berpikir kenapa kalau kalian melihat RAKSASA itu mau nginjak kalian, pasti gerakan raksasa itu lambat(jika di lihat dari relatif waktu manusia). Berarti disitu ada perbedaan waktu. Dan Kalian pernah gak melihat semut gerakannya sangat cepat, mungkin saja semut itu melihat kita sebagai raksasa dan melihat gerakan kita itu lebih lambat dibanding waktu relatifnya itu. MUNGKIN DISITU ADA PERBEDAAN RELATIF WAKTU.

    Dan aku punya 1 pertannyaan yg belum bisa dijawab orang samapi sekarang : Kenapa hewan-hewan kecil seperti lalat/nyamuk itu gerakannya sangat kencang secara tiba-tiba ? Setahu kita setiap benda yg ingin bergerak kencang pasti ada gerakan awal startnya(seperti pesawat)

    Itu Komentar saya
    Ir.Natanael Ginting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lu lagi jalan tiba2 ada hantu trs lo tiba2 lari atau bergerak kencang ,emangnya harus pake gerakan awal(start) ?

      Delete
  24. Kita gak bisa ngasih jawaban pasti untuk masalah apakah mesin waktu bisa dibuat atau tidak.
    Jawaban kalian semua masuk akal,tapi jika berfikir secara logika, menurut saya mesin waktu bisa dibuat..
    Masalah grandfather paradox mungkin sudah diketahui oleh org masa depan karena semua yg telah kita teliti dan mereka berusaha untuk tidak menunjukan jika mesin waktu itu ada, karena akan menghasil kan efek efek yg tidak baik jika masa lalu (kita) mengetahuinya..
    Tapi jika difikir dengan kemampuan otak kita yg belum menemukannya, ruang waktu yg bisa ditempatin untuk melihat kejadia masa lalu dan masa depan tanpa harus mempengaruhinya (merubah) adalah kematian, dimana setelah mati (sesuai Al Quran) kita akan dihisab dan ditunjukan apa yang telah kita lakukan di masa lalu..
    CMIIW

    Bukan untuk didebatkan, hanya menyatakan apa yang saya pikirkan..

    ReplyDelete
  25. Ane setuju dgn pendapat Stephen Hawking "bahwa jika memang suatu saat nanti mesin waktu berhasil diciptakan, maka TENTU SAAT INI TELAH BANYAK ORANG YANG DATANG DARI MASA DEPAN MENGUNJUNGI KITA."

    ReplyDelete
  26. Jika kita menggunakan teori relativitas tentu mungkin kembali ke masa lalu, tapi apa kalian pernah berpikir kecepatan cahaya itu 300.000 km/s dalam waktu satu detik saja sudah 300.000 km, panjang jalurnya berapa?Trus semakin kita bergerak dengan kecepatan cahaya susunan partikel atom kita apakah dapat menahannya?Tentu tidak sebelum kita sampai ke masa lalu kita sudah mati karena partikel atom di tubuh kita terurai.
    Menggunakan teori wormhole juga tidak mungkin dilakukan saat ini, para ilmuwan tidak tahu cara membuat wormhole.Meskipun tahu bagaimana cara mengontrolnya, jika tidak terkontrol maka wormhole akan terus membesar dan menghisap apapun yang ada disekitarnya seperti blackhole.Pada akhirnya bumi dan tata surya kita terhisap tamat...
    Mungkin saat ini masih belum ditemukan caranya, tapi ntahlah suatu hari nanti.Tetapi lebih baik kita tetap berada pada waktu kita, karena berubah satu hal saja maka berubah seluruh masa depan kita.

    ReplyDelete
  27. sebelumnya saya mohon maaf...

    untuk menembus waktu tidaklah mungkin untuk dilakukan...
    apalagi merancang mesin penjelajah waktu... kita butuh doraemon dan nobita untuk melintasi waktu... ^_^
    kita manusia hanya dipinjami waktu dalam sehari cuman 24 jam.. kita tidak bisa mencuri-curi waktu...


    namun menembus ruang sangatlah mungkin kita lakukan...
    untuk pindah dari satu tempat ketempat lain yang udah ada jalannya kita bisa berjalan kaki, naik motor, naik mobil, naik kereta api atau listrik yg udah ada jalur relnya...

    klau lewat laut kita bisa berenang, naik kapal laut, atau kapal selam...

    klau lewat udara kita bisa berpindah ruang ketempat lain dg balon udara, naik pesawat, naik roket...

    mohon maaf dan terima kasih udah bisa berjalan jalan di tempat sampean mas.. makasih atas ilmu dan pengalamannya ya, salam kenal dari saya

    ReplyDelete
  28. Kalau kita bisa jadi cahaya, mungkin kita bisa menjelajahi waktu kembali ke masa lalu atau pergi ke masa depan

    ReplyDelete
  29. Saya Suka sekali dengan blogg ini..
    Thanks atas infonya

    ReplyDelete
  30. kalau menurut saya mesin waktu mungkin dilakukan. karena ini adalah merupakan puncak pengetahuan manusia. jadi jelas ini tidak mungkin diciptakan dalam kurun waktu dekat saat ini, karena ilmu pengetahuan manusia saat ini masih sangat jauh dari hal tersebut. masih banyak lagi tingkatan-tingkatan lainnya. Masalah grandfather paradox, jelas manusia masa depan sudah sangat memperhitungkan segala kemungkinan dan antisipasinya. Masalah wisatawan masa depan, orang masa depan tidak akan ingin untuk datang pada abad ini, misal mesin waktu diciptakan pada tahun 4000 kalau mereka datang di tahun 2000 hal tersebut dapat menyebabkan grandfather paradox juga tidak memiliki manfaat untuk manusia masa depan. Kita bisa bayangkan kalo kita saat ini punya mesin waktu, ga bakalan saya mau ke zaman purba, yang ada saya dimakan dinosaurus. yang ada saya hanya melakukan perjalanan waktu kisaran masa saya hidup. Hal ini saya lakukan karena ada manfaat bagi saya untuk mengubah hidup saya. Jadi saya kira teori albert einstein mungkin untuk dilakukan manusia.
    Masalah wormhole tidak sama dengan mesin waktu, sebab wormhole itu adalah portal ruang saja. wormhole memindahkan suatu benda dari titik yang satu ketitik yang lainnya. Tuhan menciptakan alam semesta ini dengan sangat sempurna. Coba kita bayangkan kalo tidak ada wormhole ada begitu banyak sampah antariksa, akan ada begitu banyak bencana karena setiap saat ada meteor yang siap menghantam tata surya kita. Jadi jelas Tuhan menciptakan alam ini dengan sangat baik...
    Demikian menurut saya terima kasih...

    ReplyDelete
  31. terima kasih atas informasi yang anda berikan

    Nonton Film Online

    ReplyDelete
  32. Mustahill....
    Kalo mesin waktu bisa di ciptakan...
    Pasti udh ada orang yg datang ke th 2016 dari manusia th 2400.
    Seperti contoh,kalo mesin waktu benar jadi di th 2016,kita bisa kembali ke waktu 17 agustus 1945.kita bisa liat proklamasi dong pastinya..
    Yg d maksud mesin waktu di dalam alquran adalah kematian.
    Kita bisa melihat masalalu kita dosa2 kita yg akan di terima di neraka,dan masa yg akan datang adalah amal ibadah kita yg akan kita terima di surga sampe hari kiamat.
    Menurut saya sih itu..

    ReplyDelete
  33. Ilmu lipat bumi hampir sama dgn Teori kerealitifan Albert einstein berkenaan ruang dan masa... Cuma yg sya dengar ianya blh kembali merasai hidup dzaman lampau bukan kemasa depan. Masa depan agak mustahil krna ianya belum berlaku masakan benda belum berlaku kita mampu melaluinya? Kecuali lah zat Allah yg Maha Agung Maha brkuasa Segalanya trtulis d luh mahfus... WALLAHUALAM

    ReplyDelete
  34. kalau pun mesin waktu itu ada kita tetap gak bisa mengubahnya, dan hanya bisa melihatnya saja( kita bagaikan hantu yang tidak terlihat bagi org2 di masa lalu atau dpn yg kita kunjungi) tanpa bisa berkomunikasi dengannya.
    contohnya seperti kita melihat rekaman video kita ' kita hanya bisa melihatnya saja tanpa bisa berkomunikasi dengan video itu.

    ReplyDelete
  35. Mungkin membutuhkan bertahun tahun tuk membuat nya.tetapi,sebelum nya kita harus ketahui hukum hukum nya.seharus ini menjadi pendapat yg lain sehingga yg lain juga setuju.namun,bila dampak dari pengguna tsb,apa yg di lakukan??? mungkin hanya sebuah cobaan.tetapi jika saja menghitung jumlah dan menyesuaikan hukum,itu bisa saja benar.namun apabila saja di gunakan di tangan yg salah,lalu apa yg terjadi???
    Soal Buat Jawab.Thanks To Saking To All In Here.

    ReplyDelete
  36. Merapu dan tidak logik.camne kau nak masuk dalam masa.gila ke ape?lain lah tempat.lagi satu x kan ade orang susah /miskin or orang mati kalau terlibat dalam musibah .mesti orang dari masa hadapan akn tolong.

    ReplyDelete
  37. Merapu dan tidak logik.camne kau nak masuk dalam masa.gila ke ape?lain lah tempat.lagi satu x kan ade orang susah /miskin or orang mati kalau terlibat dalam musibah .mesti orang dari masa hadapan akn tolong.

    ReplyDelete
  38. Menurut saya saat ini sudah ada mesin waktu pada diri kita yaitu otak. Contohnya saat kita menonton film atau sinetron, kita pasti pernah menebak apa yang terjadi selanjutnya, yang akhirnya benar benar terjadi padahal hal itu blom terjadi, pada film atau sinetron tadi.
    Itulah menurut saya
    By::: afendimas

    ReplyDelete
  39. pembahasan saya mengenai mesin waktu
    http://astroquarius.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-waktu-gravitasi.html

    ReplyDelete
  40. Di quran si banyak contoh kasusnya seperti cerita cerita dongeng di surat al kahfi tentang manusia gua, terus cerita nabi khidir yg bisa liat masa depan. Itu sepintas kayak orang yg bisa melakukan perjalanan waktu kalo ikut teori cocoklogi mah. Haha �� tapi emang semuanya baru sekedar teori, entah itu relatifitas, teori parallel universe, agama dan lain lain. Faktanya kita itu titik paling kecil banget dibandingkan universe. Bahkan kita dan seluruh alam semesta ini bisa jadi hanyalah sebuah inti atom yang terdapat dalam sel tubuh makhluk hidup lain yg maha besar yg belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  41. Slama benda itu memilki masa mustahil bisa melebihi kecepatan cahaya, gesekan antara benda dan udara akan menghasilkan panas yg tinggi walaup hanya 1 detik jadi kalau kembali kemasa depan dengan hukum grapitasi dan percepatan benda sangat tidak mungkin

    ReplyDelete
  42. Slama benda itu memilki masa mustahil bisa melebihi kecepatan cahaya, gesekan antara benda dan udara akan menghasilkan panas yg tinggi walaup hanya 1 detik jadi kalau kembali kemasa depan dengan hukum grapitasi dan percepatan benda sangat tidak mungkin

    ReplyDelete
  43. Membuat mesin waktu memang mustahil, akan tetapi seiring berkembangnya tehnologi mesin waktu akan segera ditemukan..
    Walau sekarang sudah banyak teori, alat & bahan untuk menciptakan mesin waktu tapi tehnologi manusia belum mencapai itu...
    Dulu nenek-nenek kita pernah berbicara. Tidak mungkin ada alat yang bisa melakukan komunikasi jarak jauh sampai di ujng bumi, sekarang alat yg dibicarakan itu telah diciptakan yaitu Handphone, tidak hanya bisa berkomunikasi sekarang malah sudah bisa bertatap langsung dengan lawan bicara menggunakan live streaming/ videocall..

    Dulu kakek buyut kita pernah bicara, mustahil ada alat/ benda yg bisa terbang di langit apa lagi sampai menembus bumi ke bulan..
    Sekarang alat/benda yg dibicarakan kakek itu sudah ada yaitu pesawat dan roket untuk menuju kebulan..

    Dulu orang2 berkata, mustahil dan tidak mungkin ada kendaraan selain kuda yg bisa melesat cepat sampai tujuan hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Sekarang sudah ditemukan yaitu mobil, motor, kereta cepat, pesawat jet yg mampu mengelilingi bumi hanya beberapa jam..

    Jadi, kesimpulanya hanya pada masalah waktu saja kapan tehnologi canggih itu bisa ditemukan dan digunakan, memang sekarang manusia belum bisa melakukan perjalanan keluar angkasa antar galaksi yg membutuhkan ribuan tahun untuk melalukan sebuah perjalanan, tapi semuanya masih dalam perkembangan agar mungkin dimasa depan manusia bisa melakukan perjalanan angkasa menembus antar galaksi, bahkan menembus dimensi ruang dan waktu...

    ReplyDelete
  44. Mau tau cara buat mesin waktu,,gampang mas bro...tanya aja sama pencipta langit dan bumi serta isinya..
    Bukan perkara yg sulit bagi sang pencipta...

    ReplyDelete
  45. Menurut ane sih boleh lah ruang itu bersifat dinamis tapi waktu tetap tak bisa di maju mundurkan. Mustahil menurut ane

    ReplyDelete
  46. Waktu bisa berhenti.. maju pa lgi di mundurkan.. tergantung baterai

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates