Thursday, February 19, 2015

22 Apakah Ada Kehidupan Selain Di Bumi?


Alam semesta ini sungguh luar biasa besar. Kita hidup di Bumi. Bumi merupakan salah satu planet dalam tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Matahari hanyalah satu bintang di antara ribuan bintang lain dalam Galaksi Bimasakti. Selain itu, ada milyaran galaksi lain di luar sana. Dengan kata lain, ada triliunan planet lain di alam semesta ini. Beberapa di antaranya mungkin ada yang mirip dengan Bumi. Hal ini lantas memunculkan dugaan: Mungkinkah ada kehidupan lain selain di Bumi?

Bumi: Rumah Kita

Kita dapat mengelompokkan kehidupan menjadi dua, yaitu kehidupan cerdas dan kehidupan tak cerdas. Yang dimaksud kehidupan cerdas adalah seperti kehidupan kita, manusia. Manusia memiliki akal sehingga dapat berpikir logis. Manusia dapat membangun peradaban dan teknologi. Sedangkan yang dimaksud kehidupan tak cerdas adalah seperti kehidupan para binatang, tumbuhan, dan mikroba. Fokus dari pertanyaan artikel ini adalah pada kehidupan kelompok pertama: Mungkinkah ada kehidupan cerdas selain di bumi? Mungkinkah ada makhluk lain di luar sana yang dapat berpikir logis, memiliki peradaban, dan mengembangkan teknologi?

Semua ini lantas menggoda manusia untuk menciptakan wacana tentang keberadaan alien. Banyak yang percaya bahwa alien itu memang ada, namun banyak juga yang skeptis, menganggap bahwa alien hanyalah sebatas imajinasi manusia belaka. Memang, bagaimanapun, hingga saat ini belum ada bukti yang meyakinkan tentang keberadaan alien. Keterangan saksi mata dan foto-foto yang mengarah pada keberadaan alien dianggap tidak realistis bahkan cenderung manipulatif. Di sisi lain, luasnya alam semesta ini tetap menggoda akal manusia untuk menduga bahwa ada kehidupan cerdas lain di planet lain. Lantas mana yang benar?

Enrico Fermi

Teori Paradoks Fermi (Fermi Paradox) mungkin dapat sedikit memberikan pencerahan bagi kebingungan ini. Adalah Enrico Fermi, seorang fisikawan berkebangsaan Italia (1901-1954), yang menyatakan teori ini. Fermi berpendapat:

Alam semesta ini begitu besar dengan triliunan planetnya, sehingga SANGAT MUNGKIN ada kehidupan cerdas selain di bumi, atau yang lazim kita sebut sebagai ALIEN. Jika hal ini benar, maka alien tersebut pasti mengembangkan teknologi seperti halnya manusia. Adalah naluri makhluk cerdas untuk menguasai sebanyak mungkin sumber daya, sehingga alien tersebut pasti mengembangkan teknologi untuk melakukan perjalanan antargalaksi guna mencari planet baru dan mengeruk sumber dayanya. Manusia sendiri juga sedang mengembangkan teknologi perjalanan antargalaksi ini, hanya saja kita belum berhasil karena penelitian tentang hal ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dibanding umur alam semesta secara keseluruhan, umur bumi relatif masih muda. Artinya, jika alien memang benar-benar eksis, maka ada di antara mereka yang telah memulai peradaban jutaan bahkan milayaran tahun yang lalu, di mana manusia baru memulainya sekitar 50.000 tahun yang lalu. Karena peradaban alien-alien tersebut telah berlangsung sekian lama, maka tentu teknologi mereka juga telah mencapai taraf yang sangat canggih. Mereka pasti telah berhasil menciptakan teknologi untuk melintasi galaksi. Dengan demikian,  MEREKA PASTI TELAH MENYUSURI ALAM SEMESTA INI DAN MENJAJAH PLANET-PLANET, TERMASUK BUMI.

Ilustrasi Bumi Yang Didatangi Alien 


UFO: Kendaraan Alien Hasil Imajinasi Manusia
  
Nah, di sinilah letak paradoksnya. Berdasarkan ukuran alam semesta yang luar biasa besar ini, banyak orang percaya bahwa alien itu ada. Namun jika alien itu memang ada, MENGAPA  “BATANG HIDUNG MEREKA BELUM KELIHATAN DI BUMI SAMPAI SAAT INI”? Ke mana saja mereka? Atau dalam istilah Bahasa Inggris, “Where is everybody?” Jika memang ada alien di luar sana, mereka pasti sudah mengunjungi bumi. Namun kenyataannya kan tidak demikian.  Bukti-bukti tentang keberadaan alien seperti foto dan video penampakan UFO serta kesaksian penculikan (abduction) oleh makhluk asing masih belum meyakinkan hingga saat ini, sehingga tidak dapat dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa alien telah mengunjungi Bumi.


Ilustrasi Invasi Alien Ke Bumi Di Dalam Film

Ilustrasi Penjajahan Alien Terhadap Bumi Dalam Film

Dengan demikian, berpegang pada teori Paradoks Fermi, dapat disimpulkan bahwa alien itu tidak ada, dan Bumi merupakan satu-satunya planet di alam semesta ini yang memiliki kehidupan, setidaknya kehidupan cerdas.


*******
Ditulis Oleh Doni Aris Yudono

Sumber Gambar:

22 komentar:

  1. Jadi Hantu Pocong, Hantu Vampir, Hantu Kuntilanak, itu makhluk apa??
    Jin tinggal di bumi, tapi gak keliatan manusia...
    malaikat juga banyak di bumi, tapi gak keliatan manusia...
    Jikalau keberadaan itu adalah sesuatu yg hanya bisa dilihat,
    Ngapain mikir2 di luar Bumi gak mungkin ada makhluk lain...

    ReplyDelete
  2. Jin juga makhluk cerdas.. Apalagi Iblis... Cerdas... bisa goda manusia... Punya kerajaan..

    ReplyDelete
  3. Mengapa para makhluk asing tidak datang ke bumi?
    Mungkin karena banyaknya planet di jagad raya,jadi mereka sulit menemukan bumi,mungkin karena planet bumi sangat jauh dari planet mereka tinggal.

    ReplyDelete
  4. Karena jaraknya sangat jauh dan teknologi mereka belum bisa menemukan bumi di alam semesta yg maha luas ini

    ReplyDelete
  5. mungkin mereka pernah datang ke bumi, buktinya ada beberapa peninggalan makhluk alien di bumi, cuma mungkin banyak dari kita yang menyangkal hal itu, kita berdampingan dengan mereka, dan wajah mereka sudah berevolusi, jadi takut buat kita untuk berinteraksi dengan mereka, begitupun sebaliknya, mereka takut berinteraksi dengan kita, karena kita berbeda dengan mereka,

    ReplyDelete
  6. alam semesta sangatlah luas, pasti ada kehidupan di luar sana. cuma karena sangat luas jadi belusm ada makluk luar yang menemukan bumi, seperti manusia bumi yang belum bisa menemukan kehidupan di luar sana

    ReplyDelete
  7. tetapi apakah ada bukti fisik/nyata tentang adanya makluk lain yang hidup selain di planet bumi ini? apakah tidak bisa meneliti ke galaxy2 lain dengan menggunakan roket? bukannya roket itu untuk menjelajah angkasa yang luas diluar sana ya?
    mohon pencerahannya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. Saya Suka sekali dengan blogg ini..
    Thanks atas infonya

    ReplyDelete
  9. Kenapa mereka tidak terlihat sampai sekarang? Apakah anda tau reaksi masyarakat awam saat melihat apaila mereka benar2 ada? Teori diatas merupakan teori yang luar biasa masuk akal. Dan untuk menghindari kepanikan masal anda pasti tau apa yang harus dialkukan. Berbagai opnum berusaha keras untuk menutupi segala bukti tentang keberadaan mereka. Terima kasih

    ReplyDelete
  10. manusia belum menemukan makluk luar,begitu juga sebaliknya,karena teknologi kita belum cukup

    ReplyDelete
  11. Di peninggalan suku2 kuno jaman dulu pernah ada ukiran di tembok yg sperti menggambarkan piring terbang dan makhluk tinggi kurus menyerupai alien.
    Bisa jadi alien sedang mengamati, mempelajari kehidupan manusia di bumi dari kejauhan.. seperti kita manusia mengamati dan mempelajari mikroba menggunakan mikroskop.

    ReplyDelete
  12. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/jokowi-ingatkan-para-menteri-fokus.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kim-jong-un-di-daftar-person-of-year.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/pengebom-b-1b-as-terbang-lintasi.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  13. Aku percaya kok, manusia di planet lain selain dibumi, mereka juga berusaha untuk bisa memberikan sinyal ke kita :(

    ReplyDelete
  14. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  15. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  16. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates