Monday, September 24, 2012

9 Mengapa Ban Sepeda Motor Menjadi Kempes Jika Lama Tidak Dikendarai?


Bagi Anda yang memiliki sepeda motor, mungkin sering mengalami hal ini. Ketika beberapa hari sepeda motor kita tidak terpakai, bannya menjadi kempes. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Di alam semesta ini, energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Ketika sepeda motor sedang dipakai untuk berkendara, roda bergerak memutar dengan cepat. Karena bergerak, roda memiliki energi kinetik. Dalam pergerakannya, roda senantiasa bergesekan dengan udara dan permukaan jalan. Gesekan ini menyebabkan energi kinetik roda berubah menjadi energi panas. Hal ini mirip dengan memanasnya suhu kedua telapak tangan kita saat digesek-gesekkan satu sama lain.

Jadi, ketika sepeda motor sedang digunakan, suhu rodanya meningkat. Peningkatan suhu roda akan semakin besar ketika sepeda motor dipakai di siang hari. Energi dari permukaan aspal yang panas, karena terpapar sinar matahari, akan diserap oleh roda sepeda motor, sehingga suhunya bertambah panas.

Suatu zat yang suhunya meningkat akan cenderung memuai (volumenya membesar). Demikian pula dengan roda. Ketika suhu roda meningkat, udara yang ada di dalam ban akan memuai. Hal ini membuat ban menjadi lebih mengembung.

Hal sebaliknya terjadi ketika sepeda motor tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Roda tidak bergerak, sehingga roda tidak memiliki energi kinetik yang dapat diubah ke energi panas. Akibatnya, roda menjadi dingin (suhunya menurun).

Suatu zat yang suhunya menurun akan cenderung menyusut (volumenya mengecil). Demikian pula dengan roda. Ketika suhu roda menurun, udara yang ada di dalam ban akan menyusut. Hal ini membuat ban mengempes.

Itulah sebabnya, ban sepeda motor menjadi kempes ketika lama tidak dikendarai.

*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)
Sumber Gambar:

9 komentar:

  1. kalau ban yg tdk dgunakan mnjadi lebih kempes trus dgunakan agar mndapatkan energi kinetik apakah akan mengembang (tidak kempes lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika kita memompa ban menggunakan angin yang sedikit..pasti ban tersebut tidak akan terisi angin.
      Sama hal nya dengan ban yang kempes di gunakan berkendara tidak akan terisi..itu menurut saya

      Delete
  2. Terima kasih, pengetahuan saya jadi bertambah.

    ReplyDelete
  3. Topik menarik. Ada satu masukan buat anda. Hal ini sudah terjadi berkali-kali ketika mobil tidak digunakan lebih dari tiga hari. Jika mobil saya parkir maju maka hanya ban depan kiri yang kempes. Jika mobil saya parkir mundur maka ban belakang kanan yang kempes. Carport rata dan diposisi ban yang suka kempes itu terdapat septic tank. Mungkin punya penjelasan ilmiahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin angin nya ke sedot septic tank mas

      Delete
    2. Dibagian septi tank tentunya lantainya paling dingin (suhunya rendah), karena ada air didalam septi tank. Dibandingkan dengan tiga ban yg lain, ban yng diatas septi tank pasti tekanan udaranya lebih cepat nyusutnya, karena suhunya lebih dingin. Cmiiw

      Delete
  4. Pada saat lama tidak digunakan maka akan kempes karena pnyusutan..nah apabila pada waktu kempes itu lgsg dipakai dan bergesakan lagi.apakah kondisi ban akan kembali seperti semula mengembang?

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates