Tuesday, April 15, 2014

4 Bisakah Kita Mendinginkan Ruangan Dengan Menggunakan Kulkas?


Suhu udara yang panas dan gerah memang sangat menjengkelkan. Sayangnya untuk membeli AC diperlukan dana yang tidak sedikit dan tagihan listrik per bulannya pun akan membengkak. Sementara itu, dewasa ini sudah banyak orang memiliki kulkas di rumah untuk mendinginkan makanan dan minuman. Timbul pertanyaan, apakah kita bisa menggunakan kulkas tersebut untuk mendinginkan ruangan? Apakah suhu ruangan akan berubah sejuk jika pintu kulkasnya kita buka? 

Kegerahan: Akibat dari suhu udara yang panas.

Untuk dapat memahami jawaban atas pertanyaan ini, kita perlu mengingat kembali prinsip kerja kulkas. Suhu suatu zat ditentukan oleh banyaknya energi yang dikandungnya. Semakin banyak energi yang terkandung, semakin panas pula suhu zat tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit energi yang terkandung, semakin dingin pula suhu zat tersebut. Jadi, untuk dapat mendinginkan udara di dalam kulkas, maka sebagian energinya harus dibuang keluar. Inilah fungsi sistem freon pada kulkas, yaitu membuang energi dari dalam kulkas ke luar kulkas. Buktinya, jika Anda sentuh bagian luar belakang kulkas, maka akan terasa panas. Jadi, sebuah kulkas dapat mendinginkan karena panas di dalam kulkas itu dibuang keluar.

Mekanisme kerja kulkas: Memindahkan panas dari dalam ke luar
 
Nah, sekarang misalkan Anda membuka pintu kulkas dengan tujuan mendinginkan seantero ruangan. Maka untuk mendinginkan udara di ruangan itu, si kulkas menyerap panasnya dan dibuang. Masalahnya, si kulkas membuang panasnya ke ruangan itu juga, sehingga udara di ruangan itu didinginkan dan dipanaskan secara bersamaan. Alhasil, suhu ruangan secara keseluruhan tetap sama saja.

Jadi, Anda tidak bisa mendinginkan sebuah ruangan dengan cara membuka pintu kulkas. Kecuali… Anda mendesain letak kulkas secara khusus dengan menempatkan casing(body)-nya di luar ruangan, sedangkan pintu kulkasnya tetap berada di dalam ruangan. Dengan cara ini, Anda akan berhasil mendinginkan ruangan dengan memanfaatkan kulkas, karena panasnya dibuang ke luar ruangan. Prinsip ini diterapkan pada AC. Bagian AC yang berfungsi membuang panas diletakkan di luar ruangan sehingga bagian dalam ruangan dapat mendingin.

Bagian pembuangan panas AC: Diletakkan di luar ruangan.

*******
Ditulis Oleh Doni Aris Yudono

SUMBER GAMBAR:
http://www.centuryproductsllc.com/wp-content/uploads/refrigerator.jpg
http://selfcarers.com/wp-content/uploads/2014/04/excessive-sweating.jpg 
http://www.hk-phy.org/articles/refrigerator/refrigerator_work_e.gif
http://yogyaproperty.com/wp-content/uploads/2013/02/AC-Luar-Kos-kosan-di-Jogja-300x225.jpg

4 komentar:

  1. mantab pak penjelasannya :D
    terimakasih . .
    blogwalking

    ReplyDelete
  2. kita juga dapat menggunakan bahan peredam panas untuk mengurangi hawa panas pada suatu ruangan
    http://peredampanas.com

    ReplyDelete
  3. Beli chest freezer aja di pen jual chest freezer aja biar mudah :D

    ReplyDelete
  4. Kalau di dinginkan pakai mesin pendingin yang dijual oleh para pen- jual display cooler aman nggak ya gan buat tubuh. Pernah nemu artikel tentang bahayanya memakai pendingin :(

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates