Monday, August 27, 2012

10 Mengapa Kabel Listrik Di Pinggir Jalan Terpasang Secara Kendur?


Listrik telah menjadi kebutuhan vital di jaman modern ini. Sehari saja arus listrik padam, kegiatan kita kacau-balau. Hampir semua kebutuhan listrik masyarakat disediakan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Listrik tersebut dialirkan oleh PLN melalui jalinan kabel-kabel di seantero kota, termasuk kabel-kabel yang dipasang di tiang-tiang listrik di pinggir jalan.

Jika Anda perhatikan, ternyata kabel-kabel di tiang listrik itu selalu terpasang secara kendur (melengkung ke bawah). Padahal jika dibuat ketat (lurus) dari tiang ke tiang tentunya akan terlihat lebih rapi. Hal ini juga akan lebih menghemat jumlah kabel yang digunakan. Lantas, mengapa harus dipasang secara kendur begitu?

Ini jawabannya.

Zat-zat yang ada di alam ini memiliki kecenderungan untuk memuai ketika suhunya panas dan menyusut ketika suhunya dingin. Pada siang hari, matahari menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di siang hari menjadi panas. Sebaliknya, pada malam hari, matahari tidak menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di malam hari menjadi dingin. Apa akibatnya terhadap kabel listrik?

Akibatnya adalah, kabel listrik akan memuai (bertambah panjang) pada siang hari dan menyusut (bertambah pendek) pada malam hari.

Nah, Jika kabel listrik dipasang terlalu ketat, maka kabel tersebut akan menyusut sedemikian pendek ketika cuaca malam terlampau dingin. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel. Itulah sebabnya kabel listrik dipasang secara kendur, agar ketika suhu malam hari sangat dingin, kabel tidak terlalu ketat sehingga tidak putus.

Mungkin Anda berpikir, kalau begitu, pasang saja kabel secara ketat pada malam hari, toh ia akan mengendur pada siang hari dan kembali ke ukurannya semula ketika malam tiba. Sepintas, pemikiran seperti ini tampak masuk akal. Kita memang bisa menentukan seberapa ketat kabel berdasarkan perkiraan suhu. Akan tetapi, sangat mungkin terjadi bias (kekeliruan) dalam sistem perkiraan, sehingga meningkatkan resiko putusnya kabel.

Akan jauh lebih aman dan lebih praktis, jika kabel dipasang secara kendur saja, seperti yang selama ini dilakukan oleh PLN.

*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)

Sumber Gambar:
http://farm4.staticflickr.com/3374/3267619961_de08b3f23b.jpg

10 komentar:

  1. Sangat produktif posting tentang serba-serbi dunia fisika-nya! Salut Mas Doni

    ReplyDelete
  2. lho bukannya itu salah satu markup pegawai pln biar dapat jatah uang apbn

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye yehh .., knp klo lihat dya listrik yg tertera di rekening ame yg real bs selisih jauh ..., contoh : daya listrik tercatat 1300 watt, tp realnye paling 900 watt ..., itu tuh yg nm-nye minterin konsumen, terutama konsumen RT kecil ...

      Delete
  3. makasih infonya :) bermanfaat sekali :) jangan lupa visit kembali ya di kpopstarvest.blogspot.com . Ditunggu kedatangannya. Makasih :)

    ReplyDelete
  4. Kira2, kekenduran nya ada nilai keteapan/standarnya berapa nggak y...

    ReplyDelete
  5. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete
  6. Mau tanya gan....mengapa kabel nya masih bisa memuai sementara kabelnya dilapisi karet ??? Bukannya hanya zat logam yang dpapat memuai ??

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates