Wednesday, April 10, 2013

8 Mengapa Bintang Bisa 'Jatuh'?


Memandangi langit malam, terkadang kita melihat bintang jatuh, seperti tampak pada gambar di atas. Ada orang-orang yang lantas mengucap permohonan karena mereka percaya bahwa permintaan akan terwujud jika diucapkan ketika melihat bintang jatuh. Ada pula orang-orang yang beranggapan bahwa berdoa seharusnya ditujukan kepada Tuhan, bukan kepada bintang :)

Bintang jatuh. Benarkah bintang bisa jatuh? Apa sebenarnya bintang jatuh itu?

Sebenarnya yang orang-orang sebut sebagai bintang jatuh itu bukanlah bintang. Bintang jatuh sebenarnya adalah meteor. Begini. Di angkasa, banyak terdapat bebatuan yang bebas melayang-layang. Bebatuan ini disebut meteoroid.
Meteoroid
Beberapa meteoroid terkadang bergerak menuju bumi. Ketika berada cukup dekat dengan bumi, meteoroid akan tertarik oleh gravitasi bumi sehingga bergerak semakin cepat menuju permukaan bumi. Akan tetapi, perjalanan meteoroid menuju permukaan bumi tersebut tidaklah mulus. Meteoroid akan memasuki atmosfer bumi dan bergesekan dengannya. Gesekan ini sedemikian dahsyatnya sehingga menghasilkan panas. Akibatnya, batu meteoroid itu akan terbakar. Api pembakaran inilah yang kita lihat sebagai cahaya “bintang jatuh” di langit. Meteoroid yang terbakar di dalam atmosfer lazim disebut meteor.

Selama meteor bergerak di dalam atmosfer, volumenya banyak berkurang karena habis terbakar. Pada banyak kasus, seluruh tubuh meteor akan habis terbakar di atmosfer, namun ada juga beberapa kasus di mana sebagian tubuh meteor masih tersisa hingga menabrak permukaan bumi. Hal ini bergantung pada ukuran awal meteoroid ketika memasuki atmosfer bumi. Batu yang tersisa dari meteor dan utuh sampai di permukaan bumi lazim disebut meteorit. Jika ukuran meteorit cukup besar, dampaknya ketika menabrak bumi cukup signifikan, sampai-sampai membentuk lubang di tanah seperti ditunjukkan oleh gambar berikut ini. 
Lubang besar di permukaan bumi akibat hantaman meteorit
Meteorit
Jadi, sekarang telah jelas bahwa bintang jatuh itu sebenarnya adalah sebuah batu yang terbakar (meteor). Perlu dicatat bahwa bintang jatuh tidak hanya terjadi di malam hari, melainkan juga di siang hari. Hanya saja, cahaya dari meteor kalah oleh cahaya matahari di siang hari sehingga meteor tersebut tidak jelas terlihat.

*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)

Sumber Gambar:

8 komentar:

  1. blognya keren :D disajikan dengan kata2 yang sederhana dan mudah dipahami, terima kasih info-infonyaa :))

    ReplyDelete
  2. wuihh mantab gann postingannya
    simpel,padat,akurat dan berisi,,
    izin copas ya gan.

    ReplyDelete
  3. Mantap sekali, saya jelasin ke anak, dan mudah di mengerti.

    ReplyDelete
  4. Mantap sekali, saya jelasin ke anak, dan mudah di mengerti.

    ReplyDelete
  5. Saya kurang paham. Karena suatu malam saya pernah melihat bintang yang jatuh namun ketika ia jatuh ia menabrak bintang yang tadinya diam dan bercahaya sendiri sehingga mengakibatkan bintang yang tertabrak itu ikut jatuh bersama seakan bintang yang tertabrak itu keluar dari rotasinya. Saya meyakini ada suatu energi lain di ruang angkasa yang bisa mengakibatkan bintang terjatuh. Contoh hal kecil antara jarak bulan ke bumi dan jarak bintang kebumi dalam hal ini mustahil jarak bulan yang begitu dekat pada bumi tetap pada rotasinya sedangkan bintang yang amat jauh dari bumi bisa tertarik oleh gravitasi bumi.

    ReplyDelete
  6. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    ReplyDelete
  7. Bagus gan. Izin copas buat tugas sekolah gan.

    ReplyDelete

 

DETEKTIF FISIKA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates